Home » , » Apel Milad untuk Tingkatkan Semangat Ber-Muhammadiyah

Apel Milad untuk Tingkatkan Semangat Ber-Muhammadiyah


Jakarta - Tepat pada tanggal 8 Dzulhijah 1435 H usia muhammadiyah menginjak 105 tahun. Semarak milad membahana di pelosok negeri memperingati perjuangan dakwah Muhammadiyah. Salah satu kegiatan yang diselengkaran oleh salah satu cabang adalah apel milad, hal ini dimaksudkan untuk menngkatkan semangat ber-Muhammadiyah.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Matraman, Jakarta Timur menggelar Upacara Apel Milad Persyarikatan pada Kamis (2/10/2014). Menurut penanggalan kalender Hijriah, milad kali ini adalah yang ke-105 pada 8 Dzulhijjah 1435 H. Bertindak langsung sebagai pembina upacara adalah Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Matraman, Nandi Rahman.  Adapun perangkat protokoler didominasi oleh guru dan kepala sekolah Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di Komplek Perguruan Muhammadiyah Matraman.

Meskipun di usia yang tidak lagi muda, Kepala SD Muhammadiyah 3 Jakarta, Chudrie Sanier menjadi komandan Upacara. Di tengah lapangan komplek Perguruan Muhammadiyah Matraman, beliau memimpin dengan lantang. Sementara itu Kepala SMK Muhammadiyah 6, bapak Suwarto, bertugas membacakan Muqodimah AD/ART Muhammadiyah. Apel dihadiri perwakilan Siswa perguruan Muhammadiyah Matraman, Guru, Karyawan, Ortom, Majelis, dan PRM Se-Matraman. Selain melibatkan guru, yang tampil sebagai Paduan Suara adalah Tim Gabungan antara Siswa SMK Muhammadiyah 6 dan SMA Muhammadiyah 12.

Nandi Rahman sebagai pembina apel menyampaikan sambutan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka Milad Muhammadiyah tahun ini. Selain itu beliau menyampaikan kepada peserta yang hadir tentang kiprah Muhammadiyah Matraman yang memiliki sejarah panjang. PCM Matraman berdiri sekitar tahun 1965 dan telah mengabdi kepada ummat dan masyarakat hingga kini.

PCM Matraman merupakan satu dari enam PCM yang ada di Jakarta Timur. Di Kecamatan Matraman sendiri ada dua Cabang Muhammadiyah, disamping PCM Matraman ada juga PCM Utan Kayu. Kini PCM Matraman memiliki 4 Pimpinan Ranting Muhammadiyah di beberapa kelurahan yang terpusat di daerah Kayu Manis.

Ketua Majelis Pendidikan Kader PCM Matraman, Dwi Arbyantoro menyampaikan bahwa Apel Milad merupakan awal dari rangkaian acara yang akan dilaksanakan. Setelah itu akan ada kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Donor darah, Sembako murah, Pengobatan gratis, Khitanan Massal, dan Kemah akbar Muhammadiyah Matraman.

“ Upacara Apel Milad dimaksudkan untuk memperingati hari lahir Muhammadiyah. Menghargai dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang di Muhammadiyah. Membangkitkan ghiroh semangat berjuang para kader Muhammadiyah” tutup Dwi. Apel ditutup oleh penampilan Drumb Band Siswa SD Muhammadiyah yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Demikian laporan tim Muhammadiyah Post mengenai kegiatan milad tersebut, semoga menambah semangat dan bermanfaat di cabang dan ranting lain pada khususnya dan ummat Muslim pada umumnya untuk lebih semangat dalam berdakwah amar ma'ruf nahi munkar.

0 comments:

Post a Comment

Kurban Pak Kumis

Kurban Pak Kumis